Pasar Oligopoli adalah
suatu bentuk pasar yang terdapat beberapa penjual dimana salah satu atau
beberapa penjual bertindak sebagai pemilik pasar terbesar (price leader).
Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
1. Ciri-ciri pasar oligopoli
Pasar
oligopoli mempunyai ciri-ciri berikut ini.
a) Hanya terdapat sedikit penjual, sehingga keputusan dari salah satu penjual akan memengaruhi penjual lainnya.
b) Produk-produknya berstandar.
c) Kemungkinan ada penjual lain untuk masuk pasar masih terbuka.
d) Peran iklan sangat besar dalam penjualan produk perusahaan.
a) Hanya terdapat sedikit penjual, sehingga keputusan dari salah satu penjual akan memengaruhi penjual lainnya.
b) Produk-produknya berstandar.
c) Kemungkinan ada penjual lain untuk masuk pasar masih terbuka.
d) Peran iklan sangat besar dalam penjualan produk perusahaan.
2. Faktor-Faktor
Penyebab Terbentuknya Pasar Oligopoli
·
Efisiensi Skala Besar
·
Kompleksitas Manajemen
3. Macam-macam pasar
oligopoli
1. Oligopoli murni (pure oligopoly)
Menjual barang yang homogen. Biasanya banyak
dijumpai dalam industri yang menghasilkan bahan mentah atau merupakan praktek
oligopoli dimana barang yang diperdagangkan merupakan barang yang bersifat
identik. misalnya praktek oligopoli pada produk mineral dalam kemasan atau
semen.
2. Oligopoli dengan pembedaan (differentiated oligopoly).
Menjual barang berbeda corak. Barang seperti itu
umumnya adalah barang akhir atau merupakan suatu bentuk praktek oligopoli
dimana barang yang diperdagangkan dapat dibedakan.
Misalnya
pasar sepda motor di Indonesia yang dikuasai oleh beberapa merek terkenal
seperti Honda, Yamaha, Suzuki.
4. Kelebihan dan
kelemahan pasar oligopoli
Kelebihan pasar oligopoly sebagai berikut :
·
Memberi kebebasan memilih bagi pembeli
·
Mampu melakukan penelitian dan pengembangan
produk
·
Lebih memperhatikan kepuasan konsumen karena
adanya persaingan penjual
·
Adanya penerapan teknologi baru
·
Adanya efisiensi dalam menjalankan kegiatan
produksi
·
Persaingan di antara perusahaan akan memberikan
keuntungan bagi konsumen dalam hal harga dan kualitas barang.
·
Jumlah penjual yang sedikit membuat penjual dapat
mengendalikan harga dalam tingkat tertentu
Kelemahan pasar oligopoly sebagai berikut :
·
Dibutuhkan investasi dan modal yang besar untuk
memasuki pasar, karena adanya skala ekonomis yang telah diciptakan perusahaan
sehingga sulit bagi pesaing baru untuk masuk ke dalam pasar.
·
Apabila terdapat perusahaan yang memiliki hak
paten atas sebuah produk, maka tidak memungkinkan bagi perusahaan lain untuk memproduksi
barang sejenis.
·
Perusahaan yang telah memiliki pelanggan setia
akan menyulitkan perusahaan lain untuk menyainginya.
·
Bisa timbul eksploitasi terhadap pembeli dan
pemilik faktor produksi.
·
Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan.
Sumber
:
0 komentar:
Posting Komentar