"PASAR OLIGOPOLI"


Pasar Oligopoli adalah suatu bentuk pasar yang terdapat beberapa penjual dimana salah satu atau beberapa penjual bertindak sebagai pemilik pasar terbesar (price leader). Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.

1. Ciri-ciri pasar oligopoli
Pasar oligopoli mempunyai ciri-ciri berikut ini.

a) Hanya terdapat sedikit penjual, sehingga keputusan dari salah satu penjual akan memengaruhi penjual lainnya.
b) Produk-produknya berstandar.
c) Kemungkinan ada penjual lain untuk masuk pasar masih terbuka.
d) Peran iklan sangat besar dalam penjualan produk perusahaan.

2. Faktor-Faktor Penyebab Terbentuknya Pasar Oligopoli
·         Efisiensi Skala Besar 
·          Kompleksitas Manajemen
3. Macam-macam pasar oligopoli 
1.       Oligopoli murni (pure oligopoly)
Menjual barang yang homogen. Biasanya banyak dijumpai dalam industri yang menghasilkan bahan mentah atau merupakan praktek oligopoli dimana barang yang diperdagangkan merupakan barang yang bersifat identik. misalnya praktek oligopoli pada produk mineral dalam kemasan atau semen.
2.      Oligopoli dengan pembedaan (differentiated oligopoly).
Menjual barang berbeda corak. Barang seperti itu umumnya adalah barang akhir atau merupakan suatu bentuk praktek oligopoli dimana barang yang diperdagangkan dapat dibedakan.

Misalnya pasar sepda motor di Indonesia yang dikuasai oleh beberapa merek terkenal seperti Honda, Yamaha, Suzuki.


4. Kelebihan dan kelemahan pasar oligopoli
Kelebihan pasar oligopoly sebagai berikut :
·         Memberi kebebasan memilih bagi pembeli
·         Mampu melakukan penelitian dan pengembangan  produk
·         Lebih memperhatikan kepuasan konsumen karena adanya persaingan penjual
·         Adanya penerapan teknologi baru
·         Adanya efisiensi dalam menjalankan kegiatan produksi
·         Persaingan di antara perusahaan akan memberikan keuntungan bagi konsumen dalam hal harga dan kualitas barang.
·         Jumlah penjual yang sedikit membuat penjual dapat mengendalikan harga dalam tingkat tertentu

Kelemahan pasar oligopoly sebagai berikut :
·         Dibutuhkan investasi dan modal yang besar untuk memasuki pasar, karena adanya skala ekonomis yang telah diciptakan perusahaan sehingga sulit bagi pesaing baru untuk masuk ke dalam pasar.
·         Apabila terdapat perusahaan yang memiliki hak paten atas sebuah produk, maka tidak memungkinkan bagi perusahaan lain untuk memproduksi barang sejenis.
·         Perusahaan yang telah memiliki pelanggan setia akan menyulitkan perusahaan lain untuk menyainginya.
·         Bisa timbul eksploitasi terhadap pembeli dan pemilik  faktor produksi.
·         Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan.

Sumber :

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top