MENENTUKAN TEMPAT USAHA
Pemilihan
lokasi usaha menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan sebuah
usaha. Semakin strategis lokasi usaha yang dipilih maka semakin tinggi pula
tingkat penjualan sehingga usaha bisa sukses.
1. Pertimbangan Memilih
Tempat Usaha
Sebelum
Anda memulai sebuah usaha, pilih terlebih dahulu tempat usaha yang paling tepat
untuk pemasaran usaha Anda. Beberapa faktor yang harus diperhatikan sebagai
bahan pertimbangan untuk menentukan lokasi tempat usaha.
a. Tingkat Kepadatan
Penduduk
Usahakan
memilih tempat usaha yang ramai penduduk atau tingkat kepadatan cukup.
Pendapatan usaha yang lokasinya didaerah pedesaan dengan usaha yang berada
didaerah perkotaan memiliki omset yang jauh berbeda.
b. Besar Pendapatan
Masyarakat Setempat
Besar
pendapatan masyarakat yang berada disekitar lokasi usaha juga mampu
mempengaruhi usaha yang akan didirikan. Karena, tingkat pendapatan masyarakat
berpengaruh terhadap daya beli konsumen.
c. Usaha Lain yang
Mendukung
Semakin
banyak usaha yang ada disekitar lokasi, maka semakin banyak pula konsumen yang
datang ke lokasi tersebut.
d. Sesuaikan Dana
Sesuaikan
dana yang Anda miliki dengan lokasi usaha yang dipilih. Jangan memilih lokasi
usaha yang harga sewanya mahal tetapi tidak ramai pengunjung.
e. Tingkat Kompetisi
Rendah
Sebaiknya hindari
lokasi yang sudah banyak usaha sejenis dengan usaha Anda. Atau ciptakan inovasi
baru yang dapat membedakan usaha Anda dengan usaha sejenis yang lain.
f. Akses Menuju
Lokasi
Usahakan memilih lokasi usaha yang mudah diakses konsumen.
Pilih lokasi usaha yang dilalui transportasi umum.
g. Keamanan
Dengan lingkungan yang aman, Anda bisa mengurangi risiko
pencurian atau kerusaka pada usaha Anda dan menambah kenyamanan bagi para
konsumen.
h. Kebersihan
Jaga kebersihan lingkungan sekitar usaha Anda, agar konsumen
merasa nyaman berkunjung ke lokasi tempat usaha Anda.
Sebelum membuka usaha sebaiknya Anda harus mengetahui
apakah bangunan yang Anda sewa atau Anda dirikan semua perijinan seperti ;
AMDAL, IMB, HO sudah selesai, agar tidak terjadi kejadian yang tidak terduga
yang akan merugikan usaha yang Anda jalankan
2.
Tempat Usaha yang Paling Strategis
Tempat usaha harus berdekatan dengan tempat pembeli agar
dapat menjamin penyerahan barang yang mudah dan cepat. Pengambilan keputusan
dalam mencari tempat usaha yang strategis dapat dipandang sebagai proses encari
tempat usaha yang strategis dan khas.
Tempat usaha yang strategis adalah tempat perusahaan
melakukan aktivitas pemasarannya, penjualan barang dagang, yang dapat
memberikan keuntungan yang besar. Tempat usaha yang strategis besar sekali
pengaruh terhadap biaya produksi maupun biaya pemasaran dan penjualan barang
dagang.
Biasanya tempat strategis dan paling dinginkan oleh pemilik
usaha adalah diantaranya sebagai berikut :
a.
Letaknya strategis
b.
Dekat dengan bahan baku
c.
Dekat dengan pasar
d.
Tenaga kerja mudah didapat
e.
Biaya transportasi murah
f.
Fasilitas pemerintah daerah mendukung
dan menunjang
g.
Fasilitas tenaga penggerak/energi mudah
didapat
h.
Keadaan ekonomi sekitar cukup baik
3. Menetapkan Tempat
Usaha
Tempat usaha adalah tempat dimana perusahaan melakukan
kkegiatan usaha. Pengertian tempat yang strategis ditinjau dari sudut
ekonomisnya. Faktor – faktor yang dapat mempengaruhi didalam menetapkan tempat
adalah sebagai berikut :
a.
Pasar
b.
Tenaga Kerja
c.
Fasilitas Transportasi
d.
Faktor – Faktor Pendukung, seperti :
v Fasilitas
perbankan
v Sikap
atau animo masyarakat terhadap produk atau jasa
v Kemungkinan
tempat untuk pengembangan perusahaan
v Keamanan
tempat usaha
v Daya
tahan tempat usaha
v Kebersihan
dan kesehatan tempat usaha
makasih atas infonya, kunjungi http://bit.ly/2p9iBfW
BalasHapus