Analisis Lokasi Usaha

MENENTUKAN TEMPAT USAHA
Pemilihan lokasi usaha menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan sebuah usaha. Semakin strategis lokasi usaha yang dipilih maka semakin tinggi pula tingkat penjualan sehingga usaha bisa sukses.
1. Pertimbangan Memilih Tempat Usaha
Sebelum Anda memulai sebuah usaha, pilih terlebih dahulu tempat usaha yang paling tepat untuk pemasaran usaha Anda. Beberapa faktor yang harus diperhatikan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan lokasi tempat usaha.
a. Tingkat Kepadatan Penduduk
Usahakan memilih tempat usaha yang ramai penduduk atau tingkat kepadatan cukup. Pendapatan usaha yang lokasinya didaerah pedesaan dengan usaha yang berada didaerah perkotaan memiliki omset yang jauh berbeda.
b. Besar Pendapatan Masyarakat Setempat
Besar pendapatan masyarakat yang berada disekitar lokasi usaha juga mampu mempengaruhi usaha yang akan didirikan. Karena, tingkat pendapatan masyarakat berpengaruh terhadap daya beli konsumen.
c. Usaha Lain yang Mendukung
Semakin banyak usaha yang ada disekitar lokasi, maka semakin banyak pula konsumen yang datang ke lokasi tersebut.
d. Sesuaikan Dana
Sesuaikan dana yang Anda miliki dengan lokasi usaha yang dipilih. Jangan memilih lokasi usaha yang harga sewanya mahal tetapi tidak ramai pengunjung.
e. Tingkat Kompetisi Rendah
Sebaiknya hindari lokasi yang sudah banyak usaha sejenis dengan usaha Anda. Atau ciptakan inovasi baru yang dapat membedakan usaha Anda dengan usaha sejenis yang lain.
f. Akses Menuju Lokasi
          Usahakan memilih lokasi usaha yang mudah diakses konsumen. Pilih lokasi usaha yang dilalui transportasi umum.
g. Keamanan
          Dengan lingkungan yang aman, Anda bisa mengurangi risiko pencurian atau kerusaka pada usaha Anda dan menambah kenyamanan bagi para konsumen.
h. Kebersihan
          Jaga kebersihan lingkungan sekitar usaha Anda, agar konsumen merasa nyaman berkunjung ke lokasi tempat usaha Anda.
          Sebelum membuka usaha sebaiknya Anda harus mengetahui apakah bangunan yang Anda sewa atau Anda dirikan semua perijinan seperti ; AMDAL, IMB, HO sudah selesai, agar tidak terjadi kejadian yang tidak terduga yang akan merugikan usaha yang Anda jalankan
2. Tempat Usaha yang Paling Strategis
          Tempat usaha harus berdekatan dengan tempat pembeli agar dapat menjamin penyerahan barang yang mudah dan cepat. Pengambilan keputusan dalam mencari tempat usaha yang strategis dapat dipandang sebagai proses encari tempat usaha yang strategis dan khas.
          Tempat usaha yang strategis adalah tempat perusahaan melakukan aktivitas pemasarannya, penjualan barang dagang, yang dapat memberikan keuntungan yang besar. Tempat usaha yang strategis besar sekali pengaruh terhadap biaya produksi maupun biaya pemasaran dan penjualan barang dagang.
          Biasanya tempat strategis dan paling dinginkan oleh pemilik usaha adalah diantaranya sebagai berikut :
a.      Letaknya strategis
b.     Dekat dengan bahan baku
c.      Dekat dengan pasar
d.     Tenaga kerja mudah didapat
e.      Biaya transportasi murah
f.       Fasilitas pemerintah daerah mendukung dan menunjang
g.     Fasilitas tenaga penggerak/energi mudah didapat
h.     Keadaan ekonomi sekitar cukup baik

3. Menetapkan Tempat Usaha
          Tempat usaha adalah tempat dimana perusahaan melakukan kkegiatan usaha. Pengertian tempat yang strategis ditinjau dari sudut ekonomisnya. Faktor – faktor yang dapat mempengaruhi didalam menetapkan tempat adalah sebagai berikut :
a.      Pasar
b.     Tenaga Kerja
c.      Fasilitas Transportasi
d.     Faktor – Faktor Pendukung, seperti :

v Fasilitas perbankan
v Sikap atau animo masyarakat terhadap produk atau jasa
v Kemungkinan tempat untuk pengembangan perusahaan
v Keamanan tempat usaha
v Daya tahan tempat usaha
v Kebersihan dan kesehatan tempat usaha


CONVERSATION

1 komentar:

Back
to top